Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Pekon Negri Ratu Tenumbang Salurkan BLT-DD Tahap III Tahun 2024

Pesisir Barat - Pemerintah Pekon Negri Ratu Tenumbang, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Salah satu bentuk nyata adalah penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap III tahun 2024 kepada 22 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tergolong miskin ekstrem, Penyaluran bantuan yang dilakukan pada Selasa, 6 Agustus 2024 ini berlangsung di Balai Pekon setempat. 

Setiap KPM menerima bantuan sebesar Rp900 ribu yang diperuntukkan untuk tiga bulan, yakni April, Mei, dan Juni 2024. Dengan demikian, setiap bulannya, KPM menerima bantuan sebesar Rp300 ribu.

Peratin Dandes Suveri menjelaskan bahwa penyaluran BLT-DD ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2023.

"Bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan masuk dalam kategori miskin ekstrem. Proses penentuan penerima manfaat telah melalui musyawarah desa dan menjaring data yang akurat," ujar Peratin Dandes.

Dengan memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat yang paling rentan, pemerintah Pekon Negri Ratu Tenumbang berharap dapat menekan angka kemiskinan ekstrem di wilayahnya. Bantuan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar KPM dan meningkatkan kualitas hidup mereka.
Penyaluran BLT-DD ini disambut baik oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan Kecamatan Pesisir Selatan, Pendamping Desa, Lembaga Himpunan Masyarakat Pekon (LHP), Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan penerima manfaat. 

Kehadiran mereka dalam acara penyaluran menunjukkan kepedulian dan dukungan terhadap program ini.

Peratin Dandes berharap bantuan BLT-DD ini dapat digunakan sebaik-baiknya oleh para penerima manfaat.

"Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban ekonomi masyarakat, khususnya bagi mereka yang tergolong miskin ekstrem. Dan juga kami berharap bantuan ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," imbuhnya. (Lukman)