Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Pemerintah Pekon Tanjung Raya Sukau Dukung Penuh Program Intervensi Pencegahan Stunting


Lampung Barat, transsumateratv.com - Pemerintah Pekon (Desa) Tanjung Raya Kecamatan Sukau Lampung Barat berkomitmen untuk mendukung penuh program pemerintah pusat terkait penanganan dan pencegahan Stunting melalui gerakan intervensi serentak pencegahan stunting.
 
Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya peserta yang terdiri dari para balita, ibu hamil dan calon pengantin yang mengikuti kegiatan Posyandu serentak yang dilaksanakan di Posyandu Mawar 1 yang dipusatkan di Balai Pekon, Mawar 2 di Pemangku (Dusun) Pemuka Raya dan Mawar 3 di Pemangku Tanjung Baru, Senin 10-6-2024.

Dalam kesempatan itu hadir Camat Sukau, Juremi Yudi, Perwakilan Puskesmas Buay Nyerupa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, kader Posyandu serta Aparat Pekon setempat.
Camat Juremi Yudi dalam kesempatan itu menjelaskan stunting memiliki banyak faktor penyebab sehingga untuk mengatasinya tidak bisa dilakukan oleh masing-masing sektor dengan kegiatan yang parsial.

Faktor penyebab langsung dan tidak langsung dari stunting harus diatasi bersama-sama oleh seluruh lintas sektor yang terkait melalui integrasi intervensi gizi spesifik dan sensitif. Integrasi dan konvergensi program yang dilaksanakan oleh lintas sektor akan menghasilkan daya ungkit yang lebih besar dalam upaya penurunan prevalensi stunting.

Sementara Kepala UPTD Puskesmas Buay Nyerupa Metty Sylviani, SST, MKM melalui pesan singkatnya Senin 10 Juni 2024, sebab pada saat kegiatan tersebut tidak hadir menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting yaitu mendeteksi dini masalah gizi, memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh sasaran dan melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memiliki masalah gizi serta meningkatkan kunjungan cakupan sasaran ke Posyandu. Sasaran pelaksanaannya calon pengantin ibu hamil dan balita.

Sedangkan Peratin setempat, Johan Safri, ST, dalam kesempatan itu menjelaskan pihaknya sangat mendukung penuh atas program pemerintah terkait penanganan dan pencegahan stunting melalui gerakan intervensi serentak pencegahan stunting di Pekon Tanjung Raya.

“Tentunya kami dari Pemerintah Pekon sudah menjadi komitmen kami untuk mendukung penuh program pemerintah terkait penanganan dan pencegahan Stunting melalui intervensi serentak pencegahan stunting ini. Harapan kita semua dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang stunting dan upaya-upaya pencegahannya pun nantinya semakin berjalan di masyarakat, teranng Johan Safri. (Merry)