Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Pemerintah Pekon Luas Realisasikan BLT-DD Tahap Pertama Kepada 25 KPM


Lampung Barat, transsumateratv.com - Pekon Luas, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap pertama untuk periode tiga bulan. Bantuan ini disalurkan secara tunai kepada 25 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan masing-masing KPM menerima Rp900.000. Acara penyaluran bantuan berlangsung di balai Pekon Luas, Kamis (29/05/2024). 

Acara tersebut dihadiri oleh Pratin Mat Yadi, S.Pd., Camat Batu Ketulis SH, MH, Babinsa, Bhabinkamtibmas, ketua LHP, serta seluruh aparat pekon dan penerima KPM.

Dalam sambutannya, Peratin Mat Riyadi, S.Pd., menekankan pentingnya kehadiran semua elemen masyarakat saat penyaluran BLT DD. "Bantuan ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari para penerima manfaat," ujarnya.

Mengenai kelanjutan BLT DD di tahun berikutnya, Peratin Mat Riyadi menjelaskan bahwa perlu dilakukan penelitian lebih lanjut karena pengaturan anggaran BLT DD diatur oleh pemerintah pusat. "Masyarakat yang menerima bantuan ini adalah keluarga yang tidak mendapatkan bantuan lainnya seperti PKH dan BPNT, karena BLT DD ini bersumber dari dana desa yang dianggarkan oleh pemerintah pusat dan Kementerian Desa," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan kriteria penerima bantuan yakni keluarga miskin yang berdomisili di desa bersangkutan, terutama keluarga miskin ekstrem, anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis dan keluarga dengan rumah tangga tunggal lanjut usia atau keluarga dengan balita.

Peratin juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan, terutama di musim demam berdarah (DBD), dan menjaga kebersihan lingkungan saat musim hujan. Ia menyampaikan pesan untuk menjaga silaturahmi antarwarga guna mempererat hubungan sosial.

Acara diakhiri dengan pesan dari Peratin agar bantuan BLT DD yang disalurkan melalui Pekon Luas dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan penerima manfaat. *(Merry)