Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Pemerintah Pekon Kota Karang Realisasikan BLT-DD Tahap 1 Tahun 2024


Pesisir Barat - Pemerintah Pekon Kota Karang, Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat, melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap I tahun 2024 kepada 16 keluarga penerima manfaat, Jumat, 19 April 2024.

Acara penyaluran BLT-DD ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Camat Kecamatan Pesisir Utara, Pendamping Desa, Lembaga Himpunan Masyarakat Pekon (LHP), Babinkamtibmas Polsek Pesisir Utara, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta para penerima manfaat dari Pekon Kota Karang.

Peratin Pekon Kota Karang, Ridhoni, dalam keterangannya menyebutkan bahwa program ini bertujuan untuk membantu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak secara ekonomi. 

Bantuan BLT-DD tahap pertama tahun 2024 ini diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat Miskin Ekstrem dengan nominal sebesar Rp900 ribu per KPM untuk 3 bulan (Januari, Februari, Maret), dengan setiap bulannya sebesar Rp300.000.

Ridhoni menegaskan bahwa penentuan KPM dilakukan melalui Musyawarah Desa dan penjaringan sesuai dengan kriteria Miskin Ekstrem berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2023.

Hal itu tentang Petunjuk Operasional fokus penggunaan dana desa tahun 2024. BLT-DD wajib dialokasikan maksimal 25% dari dana desa.

Ridhoni juga berharap bahwa bantuan ini dapat meringankan beban ekonomi Keluarga Penerima Manfaat Miskin Ekstrim di Pekon Kota Karang, Kecamatan Pesisir Utara, Pesisir Barat. 

"Kami berharap bantuan ini dapat digunakan dengan bijak oleh keluarga penerima manfaat untuk kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Salah satu warga penerima manfaat, mengungkapkan apresiasinya terhadap program ini. 

Ia menyatakan terima kasih atas bantuan yang diterimanya. 

"Kami semua sangat bangga atas adanya bantuan ini. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih pada Pemerintahan Pekon Kota Karang. Khususnya kepada Peratin kami yang telah memberikan bantuan ini. Insya Allah, bantuan ini akan bermanfaat bagi keluarga kami," ucapnya.

Program penyaluran BLT-DD ini mendapat apresiasi dari masyarakat setempat, menunjukkan pentingnya bantuan ini dalam membantu meringankan beban ekonomi bagi keluarga penerima manfaat yang membutuhkan. *(Lukman)