Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Pekon Pelita Jaya Realisasikan BLT-DD Tahap I Kepada 20 KPM

Pesisir Barat  - Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kembali mengalir, membawa kabar baik bagi warga perdesaan. Setiap individu berkesempatan menerima bantuan, namun ada syarat yang perlu dipenuhi.

Bantuan langsung tunai melalui dana desa (BLT-DD) Tahun 2024 untuk 20 KPM di Pekon Pelita Jaya, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat dicairkan hari ini, Senin (22/04/2024). Demikian disampaikan Peratin Pelita Jaya Wawan Ardi Saputra, saat memberikan sambutan pada penyaluran BLT DD Bulan Januari s/d Maret 2024 di Balai Pekon Pelita Jaya Senin, 22/4/2024.

Wawan Ardi Saputra berharap, pencairan dan penyaluran serentak di bulan ini bisa dilanjutkan di bulan-bulan berikutnya. Pencairan dana BLT-DD yang sudah terjadwal akan memudahkan proses monitoring dan pelaporan.

Harapan kami tentunya ritme kerja seperti ini bisa kami pertahankan sehingga KPM juga bisa menerima dan memanfaatkan BLT-DD untuk pemenuhan kebutuhan sebagaimana mestinya,” tandasnya.

Pria yang akrab disapa Wawan ini menjelaskan bahwa saat ini semua pekon telah menerima dana desa untuk penyaluran Bulan Januari s/d Maret 2024. “Semua Pekon telah menerima Dana Desa untuk penyaluran BLT 3 Bulan. Kemudian untuk penyalurannya kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) ini tergantung jadwal masing-masing Pekon, untuk Desa Sendang dilaksanakan pada hari ini,” katanya.

Jumlah KPM di Pekon Pelita Jaya memang berubah dari tahun 2023 ke tahun 2024 ini, karena ada yang meninggal dan tidak memiliki ahli waris. Kebijakan penentuan KPM BLT DD adalah mereka yang belum menerima bantuan dari program lain.

Makanya jumlah KPM ditentukan melalui musyawarah pekon dan hasilnya terdapat 20 KPM di Pelita Jaya. Besarannya masih sama, Rp300.000,00 per bulan,” ujar Wawan

Pemerintah terus memprioritaskan kesejahteraan warga pedesaan dengan penyaluran BLT Dana Desa. Selain fokus pada pembangunan infrastruktur dan kemajuan wilayah, pemerintah juga mengalokasikan dana untuk bantuan tunai secara langsung, terutama pada tahun 2024 ini, di mana kebutuhan pokok, terutama beras, mengalami kenaikan signifikan.

Turut hadir dalam penyaluran BLT-DD di Pekon Pelita Jaya, Camat Pesisir Selatan di wakili oleh Kasir PMP, Perwakilan Lembaga Himpun Pekon (LHP) dan Babinkamtibmas. *(Lukman)