Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Lestarikan Warisan Budaya, Peratin Pekon Tanjung Jati Dukung Penuh Kegiatan Kakiceran Tradisi Syawalan


Pesisir Barat, Peratin Hartoni mendukung penuh kegiatan Budaya Kakiceran Malam 6 Syawal yang di gelar di Pekon Tanjung Jati Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat, Kamis (27/4/2023).

Kakiceran ini merupakan budaya tak benda, warisan turun temurun yang mana hanya ada di kecamatan Lemong dan pesisir utara.

Kakiceran ini juga menjadikan ajang silaturahmi para pemuda antar pekon di kabupaten pesisir barat, kecamatan lemong dan pesisir utara khususnya.

Dalam sambutannya, Hartoni selaku Peratin Pekon Tanjung Jati mengatakan, kakiceran malam ini digelar sekaligus melaksanakan pengukuhan Karang taruna Pekon tanjung jati, yang langsung dihadiri seluruh kepengurusan.

"Terimakasih kepada Seluruh tamu undangan, baik dari kabupaten juga para peserta penari, serta masyarakat yang antusias ikut menyaksikan Lomba tari menari (Kakiceran)," ujarnya.

Hartoni berharap kepada para pemuda generasi agar warisan budaya kakiceran ini terus dikembangkan agar tidak punah, karna kakiceran ini ditetapkan budaya tak benda yaitu warisan turun temurun yang hanya ada di kecamatan Lemong dan pesisir utara, harapnya.

Acara ini dilaksanakan di lapangan terbuka di tengah Pekon Tanjung jati, yang diikuti para peserta undangan Penari dari 13 Pekon dengan masing masing jenis tari yang akan dinilai oleh dewan juri.

Untuk para pemenang juara 1, 2 dan 3, akan mendapatkan masing masing trophy dan uang pembinaan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Suryadi,S.IP,.M.M selaku Ketua karang taruna kabupaten pesisir barat beserta jajaran, Dewan Kesenian Kabupaten Pesisir Barat, Ketua KNPI Kecamatan Lemong, Ketua Karang Taruna Kecamatan Lemong beserta jajaran, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda Pekon Tanjung jati, Peratin Se-kecamatan Lemong beserta Pihak LHP dan aparatur Pekon, seluruh peserta dan guru tari serta masyarakat umum.

*(Rifki Andespi)