Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Mahasiswa KKN Unila Gelar Sosialisasi Pencegahan DBD dan Pembuatan Spray Anti Nyamuk di Pekon Bumi Ratu


Pesisir Barat, transsumateratv.com – 
Mahasiswa KKN Unila melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan dan pembuatan spray anti nyamuk dari tumbuhan serai, untuk menambah wawasan masyarakat Pekon Bumi Ratu, Kecamatan Ngambur, Terkait pencegahan DBD dan Diare, Rabu (18/1/2023).


Kegiatan sosialisasi tersebut bertempat di balai pekon Bumi Ratu, turut dihadiri 41 peserta dari lansia, ibu-ibu Kader PKK, Kader Posyandu dan Bidan Desa, Peratin Peratin Bumi Ratu beserta Aparatur Pekon.

Dalam kesempatan itu, Penanggungjawab kegiatan Regita Dwi Maharani mewakili rekan-rekannya menyampaikan bahwa, kegiatan ini adalah salah satu program mahasiswa KKN Unila khususnya dibidang kesehatan.

"Hari ini kami melakukan kegiatan sosilisai kepada masyarakat Pekon Bumi Ratu terkait pencegahan DBD dan Diare, sekaligus cara pembuatan spray anti nyamuk dari daun serai,"ujar Regita.

Dijelaskan Regita Dwi Maharani, Kegunaan spray ini untuk mengusir dan membunuh serangga terutama nyamuk. Keunggulan spray serai anti nyamuk dibanding produk spray anti nyamuk yang lain adalah ramah lingkungan karena dari bahan alami sehingga tidak akan ada efek samping negatif apabila diberikan dalam jumlah yang banyak.

"Penggunaan spray relevan untuk pengusir nyamuk dalam pencegahan DBD dan Pembuatan spray anti nyamuk lebih murah karena hanya membutuhkan dua bahan, yaitu serai dan air putih."terangnya.

Regita Dwi Maharani juga berharap apa yang mereka sampaikan bisa bermanfaat bagi masyarakat Pekon Bumi Ratu, pungkasnya.
Sementara, Peratin Bumi Ratu Zaini Firdaus, S.Pdi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa KKN Unila, atas adanya kegiatan ini karena bisa menambah wawasan dan pengetahuan masyarakatnya dibidang kesehatan khususnya terkait pencegahan DBD dan Diare.

"Semoga apa yang disampaikan adik-adik mahasiswa KKN Unila bisa bermanfaat bagi masyarakat, dan kami Pemerintah Pekon Bumi Ratu siap membantu dan mendukung kegiatan dan program KKN ini agar bisa berjalan dengan lancar, tutur Peratin.

Penulis : Lukman Hakim
Editor   : Merry