Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Serap Aspirasi Masyarakat, Pemerintah Pekon Suka Mulya Gelar Musrenbang Tingkat Pekon


transsumateratv.com // Lampung Barat -
Pemerintah Pekon /Desa,  Suka Mulya Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat,  menggelar Musyawarah  Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang-des) Tahun 2022, dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP- DESA) Tahun Anggaran 2023 mendatang dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (DU-RKP-DESA), bertempat di aula balai Pekon setempat, Jum'at (14/10/22).

Kegiatan musyawarah tersebut merupakan agenda tahunan dalam inplementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah desa (RPJM-DES). Dalam hal ini tentunya sangat penting di laksanakan untuk mendapatkan masukan atau usulan dari tingkat RT/RW, mengenai kegiatan yang berskala prioritas pembangunan di pekon/desa, yang di dasari usulan dari para pemangku, tokoh masyarakat, tokoh agama beserta segenap lapisan masyarakat pekon setempat, agar tercipta kesepahaman rencana program pembangunan untuk kemajuan pekon/ Desa dengan cara menggali potensi dan Sumber Daya Alam (SDA) dengan memaksimalkan partisipasi segenap lapisan masyarakat serta mengukur ketersediaan anggaran yang ada dalam keselarasan rencana program Kerja Pemerintah Desa dengan RPJM-DES. 

Hadir dalam acara tersebut, peratin Pekon Suka Mulya Muhammad Yamin beserta aparatur  pekon, Camat Pagar Dewa Mat Patoni S.Sos, M.si, Kasi PMP beserta staf Kecamatan, Pendamping Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, ketua LHP Pekon Suka Mulya, Para Kepala Sekolah, ketua Karang Taruna,Tokoh Adat, Tokoh Pemuda,Tokoh masyarakat,Ketua TP-PKK pekon Suka Mulya, Kader Posyandu,  Bidan Desa (BINDES),  Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES, dan para undangan. 

Dalam kesempatan itu,  Camat  Mat Patoni S. Sos-M.si menyampaikan,  bahwa Musrenbang-Des merupakan wadah untuk menyerap Aspirasi masyarakat, yang selanjutnya akan menjadi acuan untuk menjalankan Program pemerintah Tahun Anggaran 2023 yang akan datang.

"Untuk itu ia mengingatkan, agar dalam program kerja pemerintah harus di sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,  selain itu tetap mengacu pada peraturan pelaksanaan dan prioritas Dana Desa serta menyelaraskan dengan program pemerintah Kabupaten, karna yang tidak bisa tercover oleh Dana Desa, Ungkap Camat".

Lebih lanjut ia mengatakan,"saya mohon untuk di ajukan di Musrenbang untuk di usulkan supaya di Anggarkan melalui Kabupaten. Dalam momentum Musrenbang Pekon Tahun Anggaran 2023 ini,  tentunya kita memberikan akses yang seluas- luasnya kepada masyarakat untuk menyampaikan Aspirasinya, semua kita tampung untuk selanjutnya kita tentukan yang skala prioritas. 
Karna setiap pekon tentu mempunyai keinginan masyarakatnya bertambah maju,  baik dari segi ekonomi dan pembangunan yang ada di pekonnya, oleh sebab itu perlu adanya rencana yang matang dalam menjalankan program yang ada di pekon, tegasnya. 

Dalam kesempatan sama, Peratin Pekon Suka Mulya Muhammad Yamin,   menyampaikan, Musrenbang yang di selenggarakan pada hari ini sangat penting bagi masyarakat khususnya masyarakat pekon Suka Mulya, karena semua usulan dari tingkat bawah baik kegiatan di bidang pembangunan infrastruktur, bidang pemberdayaan, dan bidang pendidikan, akan terlihat dan tercatat dalam kegiatan ini. 

Setelah melalui proses,  kegiatan hari ini kita dapat  melaksanakan Musrenbang untuk anggaran tahun2023 mendatang. semua masukan dan usulan yang bapak ibu sampaikan akan kami catat sebagai acuan pemerintah pekon dalam menentukan skala prioritas di semua kegiatan baik bidang pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, pendidikan dan lain-lainnya semua akan di catat sebagai acuan untuk menentukan kebijakan pemerintah pekon di tahun 2023 mendatang, jelasnya. 

Lanjutnya, Peratin Yamin berharap dukungan dan kerja samanya dari seluruh lapisan masyarakat demi terwujudnya harapan dalam membangun pekon/Desa dalam semua bidang yang berkaitan dengan pekon.

"Semoga apa yang telah kita musyawarahkan akan dapat terealisasi, hal ini tentunya akan kita sesuaikan dengan Anggaran dana yang ada di pekon Suka Mulya ini, Pungkasnya".

*(Ariyanto)