Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Siswa Baru SMP Negeri 1 Gedung Surian Lambar Jalani MPLS


Lampung Barat, transsumateratv.com - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diperlukan dalam rangka penerimaan siswa baru di sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah.

Pelaksanaan MPLS bagi siswa baru dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif, menarik, dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi mereka. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimulai pada 18 Juli 2022, tak terkecuali di SMP N 1 Gedung Surian.

Kepala Sekolah SMP N 1 Gedung Surian, Bambang Irawan, mengatakan Pelaksanaan MPLS berlangsung selama tiga hari, Senin – Rabu, (18-20 Juli 2022) dan mengusung tema "Fun Learning, Getting Success" (Gembira belajar, prestasi terkejar) yang bertempat di indoor sekolah meliputi materi :
1. Visi Misi & Struktur Kurikulum
2. Pengenalan Siswa
3. Wawasan Wiyata Mandala
4. Cara Belajar Efektif
5. Pendidikan Karakter
6. Kegiatan Kesiswaan
7. Kecakapan Hidup
8. Pengenalan Budaya Lokal

Pada apel pembukaan Bambang menyampaikan bahwa kegiatan MPLS ini diikuti oleh 120 peserta yang terdiri dari lulusan siswa SD dan MI hasil dari seleksi PPDB tahun ini, Sehingga mereka semua masih mengenakan seragam dan atribut asal sekolah masing-masing, Ujarnya pada Senin, (18/7/22).

Pada kesempatan itu Bambang juga meyakinkan kepada peserta bahwa kegiatan ini sama sekali tidak ada unsur bullying sehingga mereka akan bisa menikmati kegiatan tersebut dengan perasaan yang nyaman dan senang.

"Selama tiga hari ke depan seluruh peserta akan bisa mengikuti pelaksanaan MPLS dengan rasa senang dan nyaman," tambahnya.

Lanjutnya, Tahun ini ada pengenalan lingkungan sekolah, baik secara fisik seperti ruang-ruang bangunan, sarpras maupun non fisik seperti visi misi sekolah, struktur kurikulum, dan lain-lain," paparnya. 

*(Merry)