Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Pelantikan 60 Peratin Gelombang Pertama di Kabupaten Lampung Barat Telah Dilaksanakan


Lampung Barat, transsumateratv.com - Pelantikan 60 Peratin (Kepala Desa) di Kabupaten Lampung Barat, Lampung telah usai dilaksanakan.

Pelaksanaannya sendiri dimulai sejak 10 hingga 22 Mei 2022 yang mencakup 15 Kecamatan.

Pelantikan Peratin tersebut merupakan tindak lanjut dari pemilihan peratin serentak gelombang pertama yang diikuti 60 Pekon (Desa) yang ada di Kabupaten Lampung Barat dan telah dilaksanakan pada 23 Februari 2022 yang lalu.

Pelantikan itu ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan oleh para peratin terpilih yang dipimpin langsung Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus.

Pelantikan Peratin tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lampung Barat Nomor: B/227/KPTS/III.13/2022 Tanggal 20 April 2022.

Selaku kepala daerah, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus mempunyai keyakinan bahwa Peratin yang telah dilantik dapat mengemban tugas dengan baik sesuai sumpah jabatannya.

"Kami percaya, bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada saudara-saudara," ucap Parosil.

Parosil menerangkan, jika momentum pelantikan Peratin tersebut adalah sebagai tempat menyatukan kembali masyarakat yang sempat terpecah lantaran perbedaan pemilihan pada pemilihan peratin serentak pada 23 Februari 2022 yang lalu.

"Pemilihan Peratin di Lampung Barat ini ada 60 Pekon, dan pemilihannya sudah dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2022 yang lalu," ungkapnya.

"Tentu penantian pelantikan ini cukup lama dirasakan, dan hari ini merupakan sebuah momentum untuk menyatukan kembali masyarakat yang sempat terpecah dan terkotak-kotakan karena perbedaan pilihan dan dukungan pada pemilihan calon Peratin bulan lalu," sambungnya.

Setelah dilakukan pelantikan tersebut, Parosil berharap seluruh masyarakat dapat mendukung Peratin terpilih dalam proses pembangunan di pekonnya masing-masing.

"Sekarang tidak ada lagi pendukung nomor satu, nomor dua, nomor tiga, nomor empat ataupun nomor lima," jelasnya.

"Sekarang yang awalnya mendukung berbeda pilihan, setelah momen pelantikan ini harus mendukung Peratin terpilih," imbuhnya.

Karena apa?, lanjut Parosil, sebab menurutnya, tugas menjadi seorang pemimpin adalah mengayomi dan melindungi masyarakatnya. Artinya, itu sudah menjadi tanggung jawab dari seorang pemimpin atau Peratin.

"Selain itu tugas seorang pemimpin adalah harus dapat menciptakan suasana keamanan, ketertiban, kesejahteraan, kedamaian dan ketenangan bagi masyarakat," cetusnya.

Selanjutnya, Parosil berpesan dan meminta Peratin yang telah dilantik untuk dapat menciptakan Pekon yang hebat dalam suasana kondusif.

"Saya minta Peratin harus bisa menciptakan kebersamaan kalau ingin membangun pekonnya menjadi pekon yang hebat. Hebat artinya, harmonis, elok, berdaya saing, aman dan taqwa," kata Parosil.

"Jadi konsepnya, kalau mempunyai mimpi mewujudkan Pekon yang hebat adalah harus beguai jejama (bekerja sama / gotong royong) bersama seluruh unsur lapisan masyarakat. Mulai dari pemudanya, tokoh agama dan tokoh adat," pungkasnya.

#News Video Streaming
*(Merry)