Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

DPD KNPI Pesisir Barat Bersama Pemuda dan Adat Lakukan Promosi Budaya Lisan Butetah

Pesisir Barat,transsumateratv.com – Acara kegiatan Promosi Budaya Lisan Butetah, Adidang, dan Nyambai oleh DPD KNPI Pesisir Barat Bersama Pemuda dan Adat Pekon Tanjung Jati Kecamatan Lemong, Kabupaten Pesisir Barat, Rabu (10/11/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Raditya Gurit dan Nurjaman Selaku Badan Bahasa Kementerian Ristek Dikti, Arman AZ Selaku Pegiat Budaya Provinsi Lampung, Novri Rahman Wakil ketua DPD KNPI Pesisir Barat Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Elly Indarwatty Selaku Dewan Kesenian Kabupaten Pesisir Barat Serta Rombongan, Hartoni Selaku Pemuda Pesisir Barat, Ahmad Darsan Selaku (Raja Simbangan Sakti) dan M.Rajamin, (Raja Simbangan Dalom). Selaku Tokoh Adat Pekon Tanjung Jati, dan Pegiat Budaya serta masyarakat sekitar yang ikut hadir dalam menyaksikan acara tersebut.

Hartoni selaku Pemuda Pekon Tanjung Jati  mengatakan, Bahwa acara Budaya Lisan Butetah, Adidang, serta Tarian Nyambai disampaikan oleh Pegiat Budaya Pekon Tanjung Jati ini merupakan salah satu Budaya Lisan Butetah. Hal ini disampaikan oleh bapak Moefid Dalena yang sengaja kami Promosikan.

“Mungkin Budaya kemarin yang banyak bergerus sehingga tidak kita lestarikan, tetapi hari ini kami kedatangan tamu untuk meneliti Budaya Lisan Butetah di Kabupaten Pesisir Barat Khususnya Pekon Tanjung Jati, Ungkapnya”.

Hartoni berharap Budaya ini mulai diangkat supaya tidak hangus dan digerus Jaman, Adat Budaya Lisan Butetah, Adidang, Nyambai seperti ini, dengan adanya peneliti yang ikut hadir hari ini dari Badan Bahasa Kementerian Ristek Dikti, Pegiat Budaya, Dewan Kesenian.

Semoga dengan adanya acara ini ada tindak lanjut khususnya Keterwakilan Pugung ini yaitu dari Pekon Tanjung Jati ini,mungkin di Pekon lain mungkin sama, akan tetapi kami mengambil sample dari Pekon Tanjung Jati ini, ujarnya. 

Lanjutnya, Disini kami tidak melibatkan pihak Pemerintah Kecamatan dan Pekon, Karena Momentum Promosi Budaya ini Badan Bahasa mengambil Sampel yang akan ditindak lanjuti untuk Revitalisas, setalah Revitalisasi maka akan melibatkan semua unsur Pemerintah baik Provinsi, Kabupaten, Kecamatan hingga Pekon, Pungkas Hartoni.

Dalam kesempatan ini, Raja Adat Pekon Tanjung Jati mengungkapkan, bahwa momen langka seperti ini berharapan dapat ditindak lanjuti bukan hanya karena ada dorongan dari pihak luar, akan tetapi kesadaran dari kita semua sebagai masyarakat yang mempunyai adat dan budaya seperti di Pekon Tnjung Jati, Kecamatan Lemong, Kabupaten Pesisir Barat ini, tutupnya.

 (RIFKI)