Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Pekon Tambelang Kecamatan BNS Bebas ODF Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021

Lampung barat, transsumateratv.com –Upaya mencapai target menjadi pekon Open Defection Free (ODF) stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan, tim verifikasi tingkat Provinsi melakukan penilaian di Pekon Tembelang, Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Kamis (20/5/2021).

Verifikasi ODF tingkat Provinsi yang dipimpin Nurita Yulia, Prasya F Kausar, Camat BNS yang diwakili Kasi Pemerintahan Sumardi, UPT Puskesmas Meliawati, Babinsa Fahrul, Bhabinkamtibmas Richolly, Pj Peratin Tiurnida beserta seluruh Aparatur pekon Tembelang, dan masyarakat setempat . Sebelum melakukan verifikasi di tiap rumah tim dan pendamping berkumpul di balai pekon Tembelang untuk membagi tim yang akan mendatangi rumah-rumah warga.

Kegiatan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran virus covid 19, dengan melakukan pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dan diwajibkan memakai masker.

Dalam hal ini yang di maksud dengan Open Defecation Free (ODF) ialah kondisi ketika setiap individu atau masyarakat tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan air besar yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit di lingkungan, sehingga untuk mencegah prilaku ini harus di lakukan kegiatan pemantauan langsung dan bimbingan dari dinas terkait.

Dalam kegiatan ini tim verifikasi tingkat provinsi lampung memilih secara langsung rumah warga untuk di verifikasi yang di dampingi pihak puskesmas , kader posyandu dan aparatur pemerintahan serta memberikan pesan kepada Masyarakat untuk memperbaiki jamban yang belum sesuai standar sehingga nanti bisa menjadi jamban sehat permanen. Tutup (tto/Jamin /Ariyanto).