Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Lolos Verifikasi ODF Tahun 2021

Lampung Barattranssumateratv.com – Pemerintahan  Pekon Balak, kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan kegiatan pendampingan kepada tim Verifikasi Open Defecation Free (ODF) dari provinsi Lampung, Kamis (20/5/2021).

Kegiatan ini dihadiri TIM ODF dari Provinsi Lampung Agus Setyo Widodo dan Evi Susilawati, Tim verifikasi Kabupaten Oktarina Dwi Rosalina, Upt Puskesmas Batu Brak,Camat Batu Brak yang diwakili Sekcam Galih Joko Purnomo , babinkamtibmas, babinsa, Ketua LHP,  Peratin Edison beserta seluruh aparatur pekon Balak. Sebelum melakukan verifikasi di tiap rumah tim dan pendamping berkumpul di balai pekon Balak untuk membagi tim yang akan mendatangi rumah-rumah warga.

Kegiatan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19, dengan dilakukan pengecekan suhu, mencuci tangan, dan diwajibkan memakai masker.

Edison peratin Pekon Balak mengucapkan terimakasih kepada tim verifikasi provinsi Lampung, tim verifikasi kabupaten Lampung Barat, serta tim UPT Puskesmas Batu Brak telah menyatakan bahwa pekon Balak lolos verifikasi bebas ODF tanpa syarat tahun 2021, ujarnya.

Dalam hal ini yang di maksud dengan Open Defecation Free (ODF) ialah kondisi ketika setiap individu atau masyarakat tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan air besar yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit di lingkungan, sehingga untuk mencegah prilaku ini harus si lakukan kegiatan pemantauan langsung dan bimbingan dari dinas terkait.

Tim verifikasi tingkat provinsi lampung memilih secara langsung rumah warga untuk di verifikasi yang di dampingi, Tim Dinas Kesehatan Lampung Barat, Upt puskesmas, dan aparatur pemerintahan pekon Balak, (tto/Ariphadi).