Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Pekon Argo Mulyo Kecamatan Batu Ketulis Lolos verifikasi Bebas ODF Tahun 2021

Lampung Barattranssumateratv.com – Pemerintahan  Pekon Argo Mulyo, kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan kegiatan pendampingan kepada tim Verifikasi Open Defecation Free (ODF) dari provinsi Lampung, Rabu (19/5/2021).

Kegiatan ini dihadiri TIM ODF dari Provinsi Lampung Dawin Setiawan, Tim verifikasi Kabupaten, Kapus Batu Ketulis Sarwo,Camat Batu Ketulis Sutian, S.pd, Sekcam H. Abdul Rahman, babinkamtibmas Sharmelia, babinsa Dwi Susilo, Peratin Harjan beserta seluruh aparatur pekon Argo Mulyo. Sebelum melakukan verifikasi di tiap rumah tim dan pendamping berkumpul di balai pekon Argo Mulyo untuk membagi tim yang akan mendatangi rumah-rumah warga.

Maksum juru tulis pekon Argo Mulyo mewakili Peratin Harjan mengucapkan terimakasih kepada tim Dinas Kesehatan provinsi, Kabupaten  dan kecamatan Batu Ketulis yang telah memverifikasi langsung kemasyarakat mulai dari pemangku satu sampai pemangku enam. “ Alhamdulillah pekon Argo Mulyo mendapatkan prestasi Bebas ODF Tahun 2021”.

Harapan kami kedepannya untuk memenuhi target selanjutnya yaitu Empat Pillar yang di programkan pihak kabupaten dan provinsi dengan melakukan cuci tangan memakai sabu, Pengaman air minum yang dikelola dengan benar,pengelolaan sampah rumah tangga yang dikelola dengan benar dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan ekonomi produktif, dan yang terakhir limbah cair dikelola dengan bener, pungkasnya.

Dalam hal ini yang di maksud dengan Open Defecation Free (ODF) ialah kondisi ketika setiap individu atau masyarakat tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan air besar yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit di lingkungan, sehingga untuk mencegah prilaku ini harus si lakukan kegiatan pemantauan langsung dan bimbingan dari dinas terkait.

Tim verifikasi tingkat provinsi lampung memilih secara langsung rumah warga untuk di verifikasi yang di dampingi, Tim Dinas Kesehatan Lampung Barat, Upt puskesmas, dan aparatur pemerintahan pekon Argo Mulyo.tutup (tto/jamin)