Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Loker Media Online/Streaming TRANS SUMATERA TV GROUP

Mengenal Wisata Trihita Karana Budaya Bali di Pekon Srimenanti, Kecamatan Air Hitam

Lampung Barat, transsumateratv.com  - Selain terkenal dengan keindahan wisata alamnya yang asri, ternyata Kabupaten Lampung Barat kuga memiliki wisata Trihita Karana Budaya Bali yang tidak kalah menarik, Selasa(30/3/2021).

Wisata Tri Hita Karana Budaya Bali di Lampung Barat ini merupakan perkampungan masyarakat Bali yang bertempatan di Pekon Srimenanti, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat, dilokasi ini pengunjung dapat melihat secara langsung gambaran kehidupan masyarakat Bali yang kental adat istiadatnya.

Wayan selaku Kepala Budaya bali menjelaskan acara yang dilakukan pada hari ini merupakan acara Piodala yang merupakan inplemintasi dari dewa dalam bentuk unsur bakti kepada tuhan, piodala berasal dari kata wedal yang artinya hari lahirnya pura itu sendiri semenjak dilakukan upacara odal.

Rangkaian upacara terdiri dari medunang ibedetare, nyejer ibidetare, dan  lihang ibidatare,  jadi untuk prosesnya ibidetare di bawa ketempat air suci untuk disucikan, setelah itu umat hindu yang sebagai pemuja dari tuhan nya wajib melaksankan persembahyangan bersama dengan membawa persembahan yang disebut dengan aturan tersebut.

Kemudian dari desa adat ini yang tergambar dalam nama wisata Trihuta Karana yang nantinya akan membawa masyarakat dharma terkini menjadi rahayu dan harmonis, karena dalam ajaran trihuta , karana itu sendiri  sudah terlahir ajaran Pawongan, Parkiangan, dan parlemahan,ungkapnya

Secara bersamaan,  Widodo peratin pekon Srimenanti, mengatakan dengan adanya kampung Bali ini tentunya kami sangat bangga mempunyai taman wisata Trihuta Karana ini yang merupakan aset pekon Sri Menanti, kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat.

Harapannya  kedepan nya untuk peran semua antara umat, pekon, dan jajaran pemerintah kabupaten Lampung Barat yang ada di pekon Srimenanti, Kecamatan Air Hitam ini supaya bersama-sama memajukan wisata Trihuta Karana, tutup. (Jamin/suhartato)